PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

23 February 2017

15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

Mungkin anda pernah ditanya, Kalau boleh tahu, siapa nama anda ? Begitulah yang sering kita dengar dan kita ucapkan diucapkan ketika pertama kali berkenalan. Ya, nama menjadi penting jika ingin mengenal dan dikenal. Begitu juga di internet, nama domain menjadi sangat penting.

Menurut situs Wikipedia, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs/blog seperti contohnya “panduaneka.com”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Sebelumnya apakah anda tahu bahwa sebenarnya alamat website yang biasa anda akses seperti Google.com atau Facebook.com sebenarnya terdiri dari deretan angka tertentu?

Deretan angka yang disebut IP ini adalah alamat server hosting tempat file website yang anda akses disimpan.

 Perhatikan deretan  IP berikut ini:

  • 66.220.156.68 
  • 172.217.26.78 

Coba anda browser dan ketik angka-angka alamat IP di atas, maka anda bisa mengakses Facebook dan Google.

Tetapi  sampai berapa banyak anda bisa menghafal deretan angka-angka jika ada begitu banyak website yang akan anda kunjungi.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diciptakanlah domain untuk mempermudah pengguna internet mengkases suatu alamat website.

Sebagai ilsutrasi, bisa kita ibaratkan seperti dalam kehidupan sehari-hari dimana nama domain adalah alamat suatu tempat. Jika kita ingin pergi ke suatu tempat tersebut maka kita harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Baru setelah kita berada di tempat kita bisa melihat dan mengetahui ada apa saja yang ada di alamat tujuan.

Maka dari itu untuk menghindari terjadinya salah tempat tujuan, nama domain itu bersifat unik dalam artian tidak boleh ada nama domain dengan nama dan ekstensi yang sama persis.

Bahasa sederhananya, domain adalah nama unik untuk blog anda. Domain akan menjadi identitas anda  dan menjadi identitas blog anda.

Bayangkan jika ada setiap hari ada 1000 orang yang membuat blog di internet, menurut anda bagaimana caranya agar pengunjung mau berkunjung ke blog anda ?

Tentunya disamping membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat, nama domain anda juga harus bisa menarik orang lain, karena nama domain yang menarik akan lebih mudah diingat dan bisa menjadi tagline buat blog lain.

Contohnya kalau anda seorang blogger pasti tidak asing dengan sugeng.id, juragancipir, maxmanroe dan panduanim. Ya keempatnya adalah contoh blog dengan nama domain yang sudah branded. Kalau mau cari sesuatu tentang dunia blog pasti keempatnya menjadi rekomendasi buat blog lain.

Ini dia 6 kiat sukses jack ma membangun alibaba dan kerajaan bisnisnya


Saatnya memilih nama domain blog anda


Domain akan memiliki dampak besar terhadap blog anda secara keseluruhan, baik di mesin telusur, social media dan lain-lain.

Hindari konotasi negatif pada nama domain Anda

Ingat....

Nama adalah gerbang pertama anda dikenal dan dikenang dunia

Terkadang memilih nama domain hampir sama sulitnya dengan memilih nama untuk anak kita.

Memang nama domain bisa diganti, tapi pasti akan banyak berpengaruh mulai dari settingan sampai masalah trafik pengunjung. Jadi, sejak awal rencanakan nama domain anda dengan tepat.

Ini strategi yang saya lakukan dalam memilih nama domain

1. Menetapkan niche blog

Untuk langkah pertama sebelum menentukan nama domain, tetapkan dulu sampai matang niche tentang apa blog anda. Kalau belum memiliki gambaran ambil waktu anda untuk menetapkan kira-kira niche yang cocok untuk blog anda.

2. Menuangkan ide

Sekarang, tuliskan minimal 5-10 nama domain yang sudah lama anda pikirkan, bisa sesuai niche yang anda tentukan atau tidak! Tulis saja, ini akan berguna menjadi bahan pertimbangan anda di langkah selanjutnya.

3. Memilih nama yang mudah diketik

Ingat, domain adalah nama blog anda di internet. Sampai saat ini teknologi voice recognition masih belum trend sehingga kita masih perlu mengetik alamat domain secara manual, karena itu pastikan nama domain anda mudah diketik.

Nama domain INIBLOGSAYA.COM pasti akan lebih mudah diketik daripada INI-BLOGSAYA.COM, karena tidak perlu tanda pemisah.

4. Usahakan nama yang pendek

Kalau bisa pendek kenapa harus diperpanjang….

Maksudnya, sederhanakan saja, buat yang sederhana. Dalam memilih nama domain, jadikan ini sebagai pertimbangan anda.

Karena semakin pendek nama domain peluang untuk diingat orang juga akan semakin besar.
Ingat, nama brand terkenal biasanya hanya berisi 1-2 buah kata. Misalnya, Honda dan Coca Cola

5. Memilih nama yang mudah diucapkan & diingat

Ini adalah hukum alam, dimana sesuatu yang mudah disebut pasti akan mudah diingat.

Semakin mudah nama domain anda disebutkan dan diingat dengan cepat, akan semakin baik.

Ini penting, khususnya bila blog anda belum begitu dikenal orang. Kecuali, bila blog anda sudah tersimpan dalam memori banyak orang. Contohnya, Google. Orang tidak akan bertanya, huruf O nya ada 1 atau 2 ?

Jangan memakai bahasa yang sulit dimengerti dan dieja orang karena akan mempersulit orang untuk menghafal dan mengetiknya.

6. Jangan berpatokan dengan kata kunci

Mungkin anda pernah membaca salah satu teknik optimasi mesin pencari/SEO (Search Engine Optimization) yang pernah populer, adalah dengan meletakkan kata kunci yang populer pada nama domain, tapi hal ini sebaiknya jangan anda lakukan lagi bila anda belum berpengalaman, blog anda beresiko dihukum Google.

Bila anda ingin memasukkan kata kunci, sebaiknya jangan terlalu berlebihan sehingga justru membuat blog anda kurang ‘nge-hit’.

7. Jangan fokus harus mencari nama yang menarik

Kalau anda terpaku harus mencari nama yang menarik anda mungkin akan membuang banyak waktu. Karena saat ini nama-nama yang keren hampir sudah dimiliki oleh orang lain.

Intinya adalah nama domain anda boleh terdengar keren tapi ini bukan suatu keharusan
.
Karena walaupun di awal domain anda tidak terlalu keren bahkan terdengar asing, pada akhirnya domain anda akan keren dan familiar juga seiring dengan semakin berkembangnya blog anda.

8. Sebaiknya jangan memakai angka dan simbol

Hal ini sebenarnya tergantung selera anda. Ada yang berpendapat ini keren, tapi ada juga yang bilang jangan karena terkesan kurang populer, namun semuanya kembali pada anda.

Bila memang harus menggunakan angka, pastikan angka tersebut memiliki arti/cukup familiar bagi pengunjung. Misalnya Layarkaca21.com yang identik dengan bioskop 21

Contoh blog yang menggunakan angka antara lain adalah tutorial89.com

9. Memilih nama yang spesifik

Usahakan agar nama domain anda cukup spesifik, khususnya bila anda ingin memasukkan kata kunci dalam domain blog anda. Misalnya PANDUANAGRIBISNIS.COM lebih spesifik daripada PANDUANBISNIS.COM, hal ini jika blog anda memang menarget jenis spesifik.

10. Usahakan jangan memakai domain gratis 

Kalau anda memang 100% berniat terjun ke dunia blog maka saya sarankan untuk memilih nama domain TLD terutama ekstensi .com

Memang anda bisa menggunakan ekstensi gratis seperti blogspot.com tetapi hal ini sedikit mengurangi nilai keprofesionalan anda di mata pengunjung blog anda.

Anda bisa mendapatkan domain TLD dengan harga murah berkisar antara 50.000 sampai 200.000 tergantung penyedia domain yang anda pilih. Manfaatkan event promo dan diskon untuk memperoleh potongan saat membeli domain.

Sekarang sedang digalakkan promosi domain. ID di Indonesia, sebuah domain yang digagas pemerintah untuk kalangan masyarakat Indonesia, anda bisa mendapatkan domain tersebut di penyedia domain seperti Niagahoster dan Rumahweb.

Tapi mohon diingat, ini saya sarankan untuk anda yang memiliki dana lebih. Sebab, harga standar diluar promo domain .ID saja adalah sekitar Rp. 500.000 per tahun.

11. Memilih ekstensi yang tepat

Ekstensi domain adalah tipe domain, contohnya seperti .net, .com, .co.id, .id, dll.

Anda harus paham penggunaan jenis ekstensi domain yang berbeda-beda. Beberapa yang umum diantaranya :

  • .COM, untuk umum, komersil.
  • .NET, untuk penyedia layanan internet
  • .INFO, untuk penyedia informasi
  • .ORG, untuk organisasi
  • .CO.ID, untuk perusahaan di Indonesia (harus mempunyai CV/PT)
  • .SCH.ID, untuk sekolah di Indonesia
  • .GO.ID, untuk lembaga pemerintah
  • .MIL.ID, untuk militer
  • dll

Jangan sampai blog anda tentang blog tetapi menggunakan ekstensi SCH.ID untuk sekolah sehingga terasa kurang pas.

12. Gunakan situs penyedia nama domain

Seperti saya singgung pada salah satu poin di atas, jika saat ini anda sedang mencari nama domain yang “keren”, kemungkinan besar sudah dimiliki orang lain.

Nah, apabila anda masih kesulitan menemukan nama domain yang menarik, Anda bisa menggunakan layanan beberapa situs untuk membuat nama domain. Situs-situs di bawah ini bisa membantu anda mendapatkan banyak ide untuk nama domain blog anda.


13. Mengecek nama di situs Namecheckr

Sekarang adalah era media sosial. Hampir mustahil rasanya jika ada orang yang menggunakan smartphone namun tidak menggunakan media sosial.

Contohnya blog saya ini termasuk “kecolongan”, karena nama domain blog ini, ternyata mempunyai nama yang hampir sama dengan akun Twitter dan Youtube sudah dimilliki oleh orang lain. Bagi saya, ini sebenarnya cukup mengkhawatirkan meskipun untuk nama blog atau website belum ada.

Jadi sebaiknya anda pertimbangkan hal ini dengan cara memeriksa melalui website NameCheckr

Masukkan nama domain anda, lalu pastikan nama domain anda belum ada yang menggunakan baik untuk blog maupun profil social media.

Mungkin ini akan sedikit merepotkan, namun dalam jangka panjang, pencegahan efeknya akan cukup bermanfaat bagi blog Anda.

Setelah anda pastikan nama domain anda belum dimiliki oleh orang, segeralah untuk mendaftar di social media ternama seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, dan Youtube agar nama domain anda tidak dipakai oleh orang lain sebagai profil social media mereka.

14.  Mengecek kepastian hukum nama domain

Poin ini sangat penting, karena hubungannya dengan hukum. Salah langkah, Anda bisa berurusan dengan hukum.

Periksa terlebih dahulu nama domain blog yang anda inginkan di website database merek dagang (trademark), misalnya seperti:

  • Dirjen Kekayaan Intelektual
  • USPTO.gov
  • WIPO
  • WIPO Indonesia
  • e-Status HKI

Untuk cek lebih gampangnya silahkan, buka Google.com dan coba cari nama domain anda. Bila belum ada, maka anda cukup beruntung bisa memakai nama domain tersebut secara bebas.

15. Lebih cepat lebih baik

Tentukan nama dan beli domain segera. Bila anda kalah cepat dengan orang lain, maka domain impian anda bisa diserobot orang lain.

Tips tambahan buat anda

- Coba cari informasi nama website orang lain

Anda bisa mencari referensi beberapa nama website dengan memanfaatkan situs WHOIS yang digunakan untuk melihat informasi pemilik domain. Misalnya bila anda ingin mengetahui informasi nama/alamat/nomor kontak pemilik sebuah domain, anda bisa menemukannya di situs Whois yang banyak tersedia di internet.

Di situs tersebut anda juga bisa melindungi data anda agar orang awam tidak bisa menemukan data anda sebagai pemilik domain, Anda dapat mengaktifkan layanan proteksi WHOIS di tempat anda membeli domain.

- Jangan cuma tiru tapi modifikasi

Sebaiknya anda ciptakan nama blog anda sendiri.

Jika anda tetap ingin meniru nama blog atau brand orang lain, anda bisa melakukan ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi.

15 langkah strategi di atas memang sedikit merepotkan. Namun saya pastikan ini hanya di awal saja.

Lebih baik repot sedikit di awal daripada anda kecewa di kemudian hari, kan?

Sebelum anda didahului oleh orang lain segera amankan nama domain sekarang juga. anda bisa browsing di Google untuk tambahan referensi anda dan silahkan bertanya di kolom komentar jika anda masih mengalami kesulitan.

PS: Jika anda suka atau merasa artikel tentang bagaimana cara memilih nama domain ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter dan Google+) yang kami sediakan.

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan anda tentang isi artikel di bagian komentar berikut ini. Hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih :)


No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya