PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

28 February 2017

Ini Dia 6 Kiat Sukses Jack Ma Membangun Alibaba dan Kerajaan Bisnisnya

Kalau kita membaca atau mendengar kisah inspiratif dari para pelaku bisnis yang sukses membesarkan kerajaan bisnisnya, mungkin kita terbesit untuk mengetahui kiat sukses dan mencoba mengikuti jejak langkah mereka.

Rata-rata mereka membangun kerajaan bisnisnya dari nol tanpa memiliki modal maupun skill yang mumpuni. Tapi mereka berhasil mengelola bisnisnya hingga menjadi besar dan menggurita. Apa sebenarnya kiat sukses bisnis mereka ?

Ternyata semuanya bermuara pada pola pikir bisnis mereka.

Memang kesuksesan sebuah bisnis ditentukan oleh banyak faktor seperti strategi yang tepat, jaringan yang luas dan semangat yang kuat. Namun, semua hal tersebut tidak ada artinya jika pola pikir kita tidak dirubah layaknya para pebisnis sukses.

Ini dia 6 kiat sukses jack ma membangun alibaba dan kerajaan bisnisnya


Kiat sukses membangun bisnis


Dalam artikel kali ini, saya akan mengulas mengenai pola pikir para pebisnis sukses yang saya rangkum dari beberapa sumber seperti dari buku “Banyak Cara Menjadi Kaya” karya  AJ Hendro Sugianto dan beberapa sumber lainnya termasuk kisah inspiratif kesuksesan pendiri Alibaba, Jack Ma yang saya rangkum dalam 6 poin penting kiat sukses bisnis yang bisa anda terapkan, yaitu :

1. Kesuksesan bukan ditentukan oleh nasib


Jangan menganggap kesuksesan seseorang karena memang dia sudah ditakdirkan sukses. Kesuksesan tidak akan diraih bila kita tidak berusaha menggapainya.

Nasib seseorang sangat dipengaruhi oleh semua tindakan yang dilakukannya. Tentu saja tindakan-tindakan tersebut dimotori oleh pola pikirnya.

Menjadi orang sukses atau menjadi orang gagal bukanlah karena nasib, melainkan karena pola pikir dan tindakannya yang berakibat  pada keadaan sekarang.

Untuk menjadi sukses dan kaya, orang harus berkemauan keras dan berusaha konsisten dari waktu ke waktu. Untuk mencapai sukses yang besar, anda harus meniru cara berpikir dan cara kerja para pebisnis sukses, yaitu mulailah dengan kesuksesan-kesuksesan kecil yang akan mengantar pada kesuksesan besar pada suatu hari nanti.

Setiap waktu secara terus menerus memperbaiki diri dengan dilandasi kemampuan dan pengalaman yang akan mempermudah jalan bisnisnya menuju kesuksesan.

2. Kesuksesan adalah suatu proses perjalanan


Seorang pebisnis sukses menjadikan bisnisnya sebagai sebuah proses perjalanan yang harus dijalani. Bagi mereka, kesuksesan bukanlah suatu tujuan akhir, melainkan hanya hasil dari proses perjalanan bisnis.

Setiap tindakan yang anda lakukan dan keputusan tepat yang anda pilih juga bagian dari sebuah kesuksesan. Dalam suatu perjalanan bisnis, anda akan mendapati banyak kesuksesan kecil yang nantinya terkumpul menjadi sebuah kesuksesan besar.

Sebuah kesuksesan tidak hanya dihasilkan dari satu tindakan atau satu keputusan melainkan kumpulan dari kesuksesan-kesuksesan anda setiap hari dalam menjalankan roda bisnis.

Anda pasti hafal pepatah waktu kita sekolah

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Begitu juga dengan bisnis. Jadikan bisnis sebagai suatu kebiasaan yang positif dalam perjalanan hidup anda, kelak kesuksesan akan menghinggapi anda.

3. Kesuksesan tidak luput dari kegagalan


Satu pola pikir yang selama ini membelenggu kita adalah takut gagal.

Bagi seorang pebisnis sukses kegagalan merupakan salah satu bagian dari kesuksesan, dengan pola pikir ini membuat mereka tidak jera dan berhasil menangkap peluang sukses di masa yang akan datang.

Thomas A Edison, si penemu lampu mengalami 1000 kali kegagalan dalam percobaannya sebelum dia berhasil menemukan lampu yang menerangi seluruh dunia.

Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

Dengan kegagalan yang kita alami, maka pengalaman dan kematangan kita dalam menjalankan bisnis akan semakin terasah. Sebaliknya, orang gagal akan menganggap kegagalan sebagai suatu pengalaman yang akan membuat takut dan tidak mau untuk mencoba lagi.

Satu cerita inspiratif dari Jack Ma, pendiri e-commerce terbesar di dunia, Alibaba dan salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaaan ditaksir sekitar Rp. 289 triliun.

Jack Ma sempat gagal ujian masuk SD sebanyak 2 kali, SMP 3 kali dan ditolak Universitas Harvard sampai 10 kali.

Setelah selesai kuliah, dia melamar ke berbagai perusahaan, 30 kali melamar 30 kali pula dia ditolak. Termasuk ketika mendaftar di KFC dari 24 pelamar hanya 23 yang diterima dan dia satu-satunya yang gagal waktu itu.

Tapi, sekarang dia menjadi pebisnis paling sukses di China.

4. Setiap ada masalah disitu ada peluang


Semua orang tidak akan pernah lepas dari masalah dalam hidupnya.

Para pebisnis sukses memandang setiap ada masalah pasti membutuhkan solusi dan akhirnya menciptakan peluang bisnis. Pola pikir mereka inilah yang membuat mereka tidak mudah menyerah dan tahan banting.

Sebaliknya, orang gagal akan memandang masalah di setiap solusi yang dibuat. Akibatnya, dia cenderung pesimistis dalam menanggapi peluang yang hadir.

Dia lebih memilih status diam yang dia anggap paling aman. Orang gagal biasanya takut mencoba. Baginya lebih baik dalam status quo daripada mencoba dan gagal lagi.

Satu lagi cerita dari Jack Ma, ketika dia mulai mendirikan bisnis e-commerce-nya, dia melihat bahwa masalah utama yang sering dihadapi oleh pengusaha kecil di China adalah kurangnya infrastruktur dan mentor yang menjadi jembatan bagi para pengusaha kecil.

Dengan jeli dia menangkap peluang dari masalah tersebut dan mulailah dia mengembangkan bisnis pada perusahaan Alibaba-nya.

5. Bisnis harus dengan sistem


Sebuah bisnis tidak bisa dijalankan dengan ala kadarnya dan asal-asalan. Perlu adanya sistem seberapa besar atau kecil bisnis yang anda geluti.

Dengan sistem yang dibangun sejak awal berbisnis akan memberi pondasi yang kuat ketika bisnis anda berkembang menjadi besar.

Jangan tunggu bisnis anda menjadi besar karena sebuah bisnis yang baik adalah bisnis yang djalankan dengan peraturan dan mekanisme kerja yang teratur sehingga tidak ada celah untuk mengacaukan proses bisnis anda.

6. Berperanlah seperti karyawan


Ketika bisnis kita berkembang pasti kita membutuhkan orang lain. Rendah hati dan perlakukan diri kita layaknya seperti karyawan.

Dengan cara demikian anda akan memiliki kepekaan lebih dalam mendengarkan pendapat orang lain terhadap bisnis yang kita jalani untuk kita terapkan dalam membangun kerajaan bisnis anda

Dari 6 kiat sukses bisnis yang saya uraikan di atas, semuanya bermuara pada pola pikir kita. Apabila mindset kita telah terbentuk dengan rasa cemas, takut, pesimis akan kegagalan maka selamanya kita akan terkungkung oleh mindset kita tersebut.

Jadi, sebelum anda memulai untuk berbisnis sebaiknya anda kaji ulang mindset anda. Sudah berpikir positifkah anda ? sudah optimiskah anda ? Silahkan anda bermimpi setinggi mungkin lalu kejar mimpi tersebut dengan mindset positif yang anda bangun dan tuangkan menjadi role mode dalam membangun bisnis anda.

Sekian sedikit coretan saya mengenai kiat sukses berbisnis, semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi anda yang sedang memulai atau mengembangkan bisnis.

Jika anda ada pertanyaan mengenai artikel ini, silahkan kirim melalui kolom komentar yang kami sediakan.

Jika berkenan silahkan SHARE artikel ini kepada kerabat dan sahabat anda melalui tombol Sosial Media (Facebook, Twitter dan Google+) yang tersedia di bawah. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya