PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

26 November 2016

4 Cara Screenshot (Mengambil Gambar) Layar Komputer Untuk Keperluan Ngeblog

Dalam kegiatan blogging mengambil gambar (screenshot) di layar komputer/laptop maupun ponsel biasanya dilakukan untuk menambahkan gambar pada artikel/konten yang akan diposting.

Untuk membuat artikel berkualitas, disamping tulisan kita harus jelas, runtut dan memberikan manfaat juga sebaiknya juga ditambah media visual untuk lebih memudahkan pembaca memahami isi konten kita.

Sebuah konten tanpa adanya tambahan visual ibarat sayur tanpa garam. Salah satu bentuk visual yang paling mudah dibuat adalah dengan gambar atau foto.

Cara mengambil gambar (screenshot) di layar komputer atau disebut juga dengan screen capture sering dilakukan pada saat kita menulis konten yang berkaitan dengan tutorial atau tips. Misalnya saja tutorial komputer, blogging dan lain sebagainya.

Tujuan dari pengambilan gambar ini adalah untuk memberikan penjelasan secara visual terhadap tulisan yang kita buat agar pembaca lebih mudah memahami apa yang kita tulis.

Pada dasarnya, cara mengambil gambar (screenshot) di layar komputer adalah kita memotret layar komputer lalu menyimpannya menjadi bentuk foto ke dalam file/berkas untuk selanjutnya ditaruh pada lembar kerja kita.

Cara mengambil gambar di layar komputer/laptop sedikit berbeda dengan layar ponsel. Kalau di ponsel kita hanya bisa mengambil gambar hasil potretan dalam satu layar penuh, sedang di komputer kita bisa mengambil gambar satu layar penuh atau hanya pada bagian tertentu saja.

4 Cara mengambil gambar (screenshot) layar komputer dengan mudah


Cara mudah screenshot layar komputer


Ada 4 cara mengambil gambar di layar komputer yang dapat anda lakukan dengan mudah, silahkan anda pilih salah satunya

1. Mengambil gambar menggunakan tombol keyboard


Cara ini yang paling umum dan paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu menekan tombol PRTSC SYSRQ dan CTRL pada keyboard komputer atau laptop secara bersamaan.

Tunggu beberapa saat, jika sudah selesai silahkan buka program Paint di komputer anda.

Jika sudah terbuka, langsung paste dengan menekan tombol CTRL dan V secara bersamaan. Disini anda bisa mengedit tampilan gambar sesuai dengan apa yang anda inginkan. Setelah selesai silahkan anda simpan gambar screenshot tersebut dalam format PNG atau JPEG.

Cara ini sebenarnya sangat simpel dilakukan tetapi jika computer atau laptop kita memiliki spesifikasi yang tergolong rendah akan memakan waktu atau proses yang lama bahkan bisa mengalami hang karena kerja memori dan prosesor yang berat.

2. Mengambil gambar menggunakan program utility bawaan windows


Bagi anda yang menggunakan Windows, sebenarnya terdapat program atau utility untuk mengambil gambar yaitu Snipping Tool. Caranya juga sangat mudah.

Anda tinggal buka aplikasi Snipping Tool, silahkan klik Start Menu lalu ketik pada kolom Search “Snipping Tool"

Setelah anda membuka aplikasi tersebut, maka anda tidak bisa mengubah tampilan layar komputer anda. Oleh karenanya, sebaiknya anda atur terlebih dahulu bagian mana yang akan anda ambil gambarnya. Setelah anda yakin, silahkan klik New dan pilih cara pengambilan gambarnya. 

Full-Screen Snip jika anda ingin memotret satu layar, Rectangular Snip atau Free-Form Snip jika ingin mengambil gambar satu bagian.

Tentukan area yang ingin anda ambil gambarnya dengan men-drag menggunakan kursor

Setelah selesai silahkan klik tanda disket untuk menyimpan gambar.

3. Screenshot menggunakan software 


Anda juga bisa menggunakan bantuan sebuah software bernama Lightshot. Dengan software ini anda bisa mengambil gambar sekaligus bisa mengeditnya. Untuk bisa menggunakan Lightshot, anda harus mengunduhnya terlebih dahulu di situs resminya.

Setelah anda instal, silahkan buka programnya

Kemudian tekan PRTSC SYSRQ pada keyboard komputer anda

Tentukanlah area yang ingin diambil gambarnya

Anda bisa melakukan editing pada saat pengambilan gambar tersebut, seperti menambahkan tulisan, garis petunjuk, warna dan lain sebagainya.

Setelah semuanya selesai, klik tombol simpan.

4. Screenshot menggunakan extension Google Chrome


Satu lagi pilihan cara screenshot di layar computer yang bisa anda coba adalah menggunakan extension Google Chrome bernama Take Webpage Screenshots Entirely-FireShot

Ekstensi ini mendapat penghargaan dari majalah PC Magazine sebagai The Best Free Google Chrome Extension. Cara mengambil gambar di layar komputer dengan ekstensi ini sangat mudah.

Silahkan anda masuk ke Chrome Web Store dan dikotak pencarian silahkan ketik FireShot

Jika sudah ketemu silahkan anda klik Add To Chrome

Tunggu beberapa saat, jika di bagian atas kanan Google Chrome sudah ada tanda seperti huruf S berarti ekstensi FireShot sudah terpasang.

4 Cara mengambil gambar (screenshot) layar komputer dengan mudah

Silahkan anda buka tampilan layar yang akan diambil gambarnya, setelah itu klik tanda S di pojok kanan atas Google Chrome anda. Disitu terdapat beberapa pilihan silahkan anda pilih yang akan anda gunakan.


Oh ya, dari keempat cara mengambil gambar di layar komputer tersebut di atas semuanya sudah saya praktekkan. Semuanya bisa anda pilih untuk anda gunakan.

Sebagai tambahan saat ini saya menggunakan FireShot untuk screenshot karena menurut saya lebih praktis. 

Kalau menurut anda mana yang paling mudah ? Silahkan anda coba sendiri

Jika anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, silahkan SHARE kepada teman dan sahabat anda melalui tombol Sosial Media (Facebook, Twitter dan Google+) yang tersedia di bawah.

Anda juga bisa memberi komentar maupun pertanyaan mengenai bagaimana mengambil gambar (screenshot) layar komputer ini melalui kolom komentar yang kami sediakan di bawah ini. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya