PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

02 November 2016

7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet yang Sudah Terbukti Berhasil

Perkembangan pengguna internet aktif di Indonesia saat ini mengalami peningkatan jumlah yang pesat, dan ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dampak secara langsung yang dirasakan adalah memberikan peluang bagi orang-orang untuk mendapatkan uang dari internet.

Coba kita perhatikan saat ini, bisnis online atau internet marketing sudah menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan tengah menjamur.

Bagaimana tidak, beberapa pebisnis online yang saya kenal baik secara langsung atau tidak bisa memiliki penghasilan perbulan dengan jumlah yang menggiurkan.

Hal ini kemudian yang membuat kebanyakan orang tergiur ingin memulai bisnis onlinenya sendiri, padahal mereka belum tahu bagaimana cara memperoleh uang dari internet.

Jika anda adalah seorang pemasar online (internet marketer) yang sudah berpengalaman, mungkin untuk menghasilkan uang dari internet itu bukan sesuatu yang sulit.

Namun, lain ceritanya bila anda masih pemula di dunia online marketing. Jangankan untuk menghasilkan uang, bagaimana cara dan sistemnya saja mungkin sebagian dari kita masih bingung.

7 cara mendapatkan uang dari internet yang sudah terbukti berhasil

Bagaimana mulai mendapatkan uang dari internet

Topik tentang cara menghasilkan uang dari internet ini sudah sering dibahas di berbagai media, baik itu media online ataupun media offline, kalau tidak percaya coba saja anda browsing dengan kata kunci “Cara menghasilkan uang dari internet”, pasti banyak sekali yang membahasnya.

Namun, menurut saya tetap saja dari waktu ke waktu masih banyak orang yang mencari informasi dan panduan tentang bagaimana memperoleh penghasilan dari internet.

Kalau anda masih tidak percaya, silahkan perhatikan time line teman-teman anda di facebook atau sosial media lainnya, pasti banyak yang membicarakan topik ini.

Bahkan ketika anda sedang membaca artikel ini, pasti anda juga sedang mencari informasi tentang cara mendapatkan uang dari internet. Ya, kan….

Pada artikel ini saya akan membahas beberapa jenis bisnis online yang bisa memberikan penghasilan yang beberapa diantaranya berdasarkan pengalaman saya, dan sebagian lagi adalah berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang juga berkecimpung di bisnis online.

1. Menjadi publisher iklan di website/blog dan Youtube

Ketika anda mengunjungi beberapa website/blog di internet terkadang ada yang terpasang iklan di halamannya. Ya, space iklan di blog/ website adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan uang secara online.

Kebanyakan blog atau website mereka didaftarkan dalam program Google Adsense, yaitu sebuah program pengiklanan yang dimiliki oleh Google dimana publisher bisa mendapatkan penghasilan dari klik iklan Google Adsense yang ada di blog mereka.

Program ini di sebut dengan PPC (Pay Per Click), yaitu publisher akan dibayar setiap klik yang dilakukan oleh visitor (pengunjung) website atau blog tersebut, dimana biaya per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser (pengiklan).

Sebenarnya selain Google Adsense, ada banyak penyedia program iklan lain yang menawarkan kesempatan kepada para publisher untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka.

Beberapa perusahan online Advertising yang menawarkan program publisher iklan yang bisa anda coba antara lain adalah Bidvertiser.com, Chitika.com, dan Infolinks.com.

Saya sendiri pernah mencoba Bidvertiser dan Chitika dengan hasil yang lumayan walaupun menurut saya Google Adsense adalah penyedia program iklan terbaik sampai saat ini

Selain program PPC, untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog atau website adalah dengan cara menyediakan space iklan di situs tersebut.

Biasanya cukup banyak Advertiser yang tertarik untuk memasang iklan di sebuah blog bila blog tersebut memiliki jumlah visitor yang banyak dan konten dengan topik yang menarik serta spesifik.

Untuk harga space iklan itu sendiri ditentukan oleh si pemilik blog atau bisa juga berdasarkan negosiasi antara Advertiser dan pemilik blog.

Intinya, untuk dapat menjalankan program atau jenis bisnis online ini anda harus mempunyai blog atau website yang bisa menarik banyak pengunjung, maka anda pun akan mendapatkan uang dari blog anda tersebut.

Jadi kalau anda punya keahlian dalam menulis artikel, maka peluang bisnis online melalui blog atau website merupakan kesempatan emas buat anda. Kalau anda belum tahu cara membuat blog, silahkan baca panduan cara membuat blog untuk pemula secara gratis yang telah saya buat.

Tapi kalau anda merasa tidak punya keahlian atau malas untuk menulis, maka anda bisa memanfaatkan Youtube sebagai tempat untuk mendapatkan uang.

Mungkin sekitar enam atau tujuh tahun yang lalu anda akan tertawa saat membaca artikel tentang cara menghasilkan uang dari internet lewat Youtube ini.

Tapi sekarang, Youtube termasuk tempat yang sangat rekomendasikan untuk mendapatkan uang dari internet.

Walaupun saya sendiri termasuk yang agak telat untuk memulai berkecimpung di youtube tetapi rekomendasi saya ini merujuk pada fakta berikut :

Google mencatat, durasi menonton Youtube di Indonesia meningkat 130%, dan jumlah video yang diunggah meningkat 600%.

Dengan perkembangan smartphone serta teknologi internet yang semakin canggih, maka kita tidak perlu heran dengan perkembangan Youtube tersebut.

Untuk bisa menghasilkan uang melalui Youtube, anda harus menjadi youtube creator, membuat content video yang berkualitas, original, menautkan akun anda dengan Youtube adsense serta tidak lupa untuk memonetize setiap video yang telah diunggah ke akun Youtube anda.

Jadi, kalau anda punya keahlian atau hobi edit video bisa menyalurkannya lewat Youtube.

Satu lagi fakta buat anda :
Saat ini mendaftar menjadi publisher di Google Adsense lewat Youtube lebih gampang diterima daripada lewat blog.
Tapi, yang perlu diingat….baik lewat blog atau Youtube semua itu butuh kerja keras dan butuh waktu yang tidak sebentar.

Jika anda malas membuat channel di Youtube atau membuat blog dan anda ingin segera mendapat penghasilan dari internet yang tidak memerlukan waktu yang lama anda bisa lihat dan coba peluang bisnis online yang berikutnya.

2. Mengikuti program affiliate marketing

Buat anda yang belum begitu mengetahui apa itu Affiliate Marketing, berikut sepintas pengertiannya.
Affiliate marketing adalah menjual produk orang lain dan akan mendapatkan komisi sekian persen (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang dilakukannya.

Jenis bisnis ini termasuk yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis online, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Produk yang bisa dijual oleh affiliate marketer ini sangat beragam, mulai dari produk digital, hingga produk yang berbentuk fisik, atau merupakan campuran dari keduanya.

Beberapa program affiliasi yang bisa diikuti antara lain adalah program affiliasi dari Ratakan.com, Lazada, Blibli.com, Amazon.com dan Clickbank.com.

Berikut beberapa penjelasan dari program afiliasi tersebut :

Amazon.com 

Adalah marketplace online terbesar di dunia, dimana kebanyakan produk yang dijual berbentuk fisik.

Kategori produk yang di jual di Amazon.com sangat banyak, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Misalnya buku, kamera digital, kulkas, TV, AC, kursi, meja, peralatan mandi, peralatan dapur, segala jenis pakaian bahkan keperluan pribadi dijual di sana hehehe.

Amazon.com memberikan kesempatan bagi semua pemilik website/ blog di seluruh dunia untuk mendapatkan uang dari program affiliasi yang mereka berikan.

Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher Amazon adalah sekitar 4% – 8% dari total penjualan, dan tergantung berapa banyak publisher tersebut menjual produk dari Amazon.com.

Semakin banyak produk yang dijual, maka akan semakin tinggi persentase komisi yang diberikan.

ClickBank.com

Merupakan tempat yang menyediakan produk-produk dalam bentuk digital, misalnya ebook, software, dan juga membership. 

Program affiliasi ini juga sangat disukai oleh internet marketer di seluruh dunia karena rate komisinya sangat besar, bahkan ada beberapa pemilik produk bersedia memberikan komisi hingga 75% dari harga produk kepada para publishernya.

Ratakan.com 

Adalah salah satu marketplace produk digital dalam negeri. Sebagian besar produk digital yang dipasarkan di Ratakan adalah produk yang berhubungan dengan internet marketing dalam bentuk ebook, software, dan membership.

Bagi anda pemilik blog/ website yang membangun konten yang berhubungan dengan blogging, bisnis online, dan internet marketing, saya sangat menyarankan untuk bergabung menjadi affiliate marketer di Ratakan.

Sebagian besar produknya memang banyak dicari oleh internet marketer, dan range komisi yang ditawarkan lumayan besar, yaitu sekitar 25%- 75% per penjualan dari link affiliasi milik anda.

Kalau untuk Lazada dan Blibli barang yang dijual bersifat umum seperti layaknya Amazon. com hanya segmentasi pasar dari keduanya sampai saat ini masih kalah dibanding Amazon.com

Saya sendiri saat ini masih menjalankan program afiliasi di Ratakan, Lazada, Blibli.com, Amazon.com dan ClickBank.com

Daftarlah secara gratis di situs-situs tersebut, setelah terdaftar anda akan mendapatkan link referral dari produk yang ingin anda jual yang bisa anda promosikan melalui blog atau website anda ke teman-teman facebook anda atau broadcast melalui aplikasi whatsapp dan lain lain.


3. Membuka toko online

Toko online adalah sebuah toko virtual dimana customer bisa membeli produk yang dijual di toko online tersebut langsung dari websitenya.

Saat ini ada banyak pebisnis yang sudah punya toko online sendiri, baik itu menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship.

Saya sendiri pernah menjalankan bisnis online dimana saya menjual produk orang lain dengan cara dropshiping.

Saya membuka toko online dan memajang produk-produk yang dijual secara online, bila ada pelanggan yang membeli dan sudah melakukan transfer ke rekening saya maka saya akan langsung menghubungi penyedia barang.

Kalau anda ingin menjalankan bisnis online tapi terbentuk masalah modal, maka program reseller atau dropshiping ini sangat cocok untuk anda.

Kekurangan dari jenis dropshiping ini adalah ketika barang yang ingin dibeli oleh pelanggan ternyata tidak ada maka transaksi tidak akan terjadi. Itulah sebabnya kita harus bekerja sama dengan penyedia barang yang kompeten, dan bisa dipercaya.

Saya pribadi lebih sebenarnya lebih suka untuk membuka toko online dengan menjual barang-barang sendiri, untungnya lebih banyak dan kita bisa mengatur perputaran uang dan produk.

Memang kerjanya akan lebih banyak dan menghabiskan cukup banyak waktu, mulai dari penyediaan barang, packing, hingga pengiriman.

Untuk membuka toko online sendiri anda bisa bergabung di beberapa website penyedia toko online sendiri seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Pilihan mana yang akan anda pilih, semua kembali kepada anda sebagai pelaku bisnisnya, yang mana yang paling cocok untuk dikerjakan.

4. Menjadi freelancer penyedia jasa secara online

Bisnis ini juga cukup banyak dikerjakan oleh pelaku bisnis online. Ada banyak jenis jasa yang dibutuhkan orang dan dapat dikerjakan secara online.

Diantaranya adalah penyedia jasa penulisan artikel, desain grafis, penyedia jasa promosi online, penyedia jasa SEO, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika anda memiliki sebuah keahlian atau keterampilan, anda bisa menjualnya secara online.
Anda bisa bergabung di beberapa website yang menghubungkan pencari dan penyedia jasa seperti freelancer.com, sribulancer.com dan fiverr.com

Di website-website tersebut anda bisa mencari beberapa pencari jasa yang membutuhkan jasa anda. Coba tawarkan jasa dan keahlian anda tersebut, jika cocok maka anda bisa tawar menawar harga terhadap jasa anda tersebut.

5. Melalui aplikasi Android

Bagi anda pengguna smartphone Android, anda bisa mendapatkan uang dari internet yang sangat saya rekomendasikan dengan memanfaatkan aplikasi Android di smartphone anda.

Di Google Play Store tersedia banyak sekali aplikasi yang memberi komisi kepada penggunanya setelah mereka melakukan suatu pekerjaan seperti download aplikasi, menonton artikel atau video, mengisi survey bahkan hanya dengan cara membuka layar HP (lockscreen).

Setiap anda menyelesaikan pekerjaan tersebut anda akan mendapat point yang nantinya setelah saldo/point anda mencapai ambang batas dapat ditukar dengan berbagai hadiah, uang atau pulsa gratis dengan berbagai macam cara pembayaran yang tersedia di masing-masing aplikasi.

Ada beberapa pengembang aplikasi yang bisa anda ikuti seperti WHAFF, GrabPoint, Coin Master dan Hoki1000.

6. Menjalankan bisnis Multi Level Marketing (MLM) secara online

Cara yang berikut ini mungkin adalah jenis bisnis yang malas untuk anda lakukan hehehe. Dulu, saya juga begitu. 

Saya tidak suka dengan bisnis MLM konvensional karena sistem dan cara kerja yang saya lihat dan pernah juga saya rasakan waktu pertama kali mengenal MLM, terkesan para downline dibuat seperti kerja rodi dan uplinenya hanya bertugas memotivasi.

Mungkin ini hanya pikiran tau perasaan saya saja, tapi pada kenyataannya memang banyak member dari program MLM yang akhirnya menyerah.

Selain itu, saya juga tidak suka dengan metode kerja konvensional di MLM cara lama, dimana para membernya harus sering mengikuti pertemuan-pertemuan, mempersiapkan presentasi untuk calon member baru, harus merayu, harus sering follow up, dan banyak lagi.

Pastinya tidak semua orang bisa melakukan hal-hal tersebut, termasuk saya dan mungkin juga anda hehehe.

Bisnis MLM online adalah bisnis Multi Level Marketing yang bisa dijalankan secara online tanpa harus mengganggu aktifitas sehari-hari. Inilah yang membuat saya sangat tertarik dengan model bisnis MLM online ini.

Salah satu bisnis MLM online yang saat ini sedang trend dan bisa anda ikuti adalah bisnis MLM dari Golden Life.

Terus terang saya sendiri belum pernah menjalankan program ini, dan ini hanya berdasarkan pengalaman dari beberapa teman saya. Untuk lebih jelasnya tentang program MLM Golden Life silahkan kunjungi website-nya langsung.

7. Membangun Startup

Untuk cara yang terakhir ini mungkin dalam beberapa tahun terakhir ini sering mendengar istilah startup . Ya, saat ini startup baru booming.

Startup sendiri pengertian sederhananya :
adalah sebuah bisnis baru yang dibangun dengan model dan proses kerja yang benar-benar baru, tidak meniru bisnis manapun yang sudah pernah ada sebelumnya.

Misalnya anda memulai bisnis toko online yang menjual baju muslim, itu tidak bisa dinamakan startup. Karena modelnya sudah pernah ada.

Tapi kalau anda membuat sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mem-booking hotel dari smartphone seperti aplikasi Traveloka, ini dinamakan startup.

Karena aplikasi seperti Traveloka ini sebelumnya belum pernah ada di Indonesia.

Saya tidak bisa menjelaskan lebih banyak mengenai startup, karena memang konsep ini terus terang saya juga masih sangat awam.

Tapi yang jelas, saat ini industri startup di Indonesia sedang tumbuh pesat. Ada puluhan startup digital yang muncul.

Model bisnis ini cocok untuk anda yang :
  • Suka berinovasi dan menerima tantangan baru 
  • Ingin membuat sesuatu yang besar, bahkan mengubah dunia 
Meskipun startup pada umumnya bisa dimulai tanpa modal dan tidak langsung mendapatkan penghasilan, tapi anda akan membutuhkan investor yang mau mendanai.

Itulah beberapa cara memperoleh uang dari internet yang paling populer saat ini.

Demikian sedikit coretan saya mengenai 7 cara mendapatkan uang dari internet yang dapat anda pilih dan anda lakukan. 

Setelah anda menentukan jenis bisnis online yang akan digeluti jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis anda tersebut, dan lakukan analisa untuk mengetahui perkembangan bisnis internet anda, tetap semangat, lakukan secara terus menerus dan kontinue.

Dan lihat hasilnya dalam beberapa hari, minggu, bulan, atau tahun. Saya rasa artikel ini sudah lumayan panjang. Semoga artikel tentang cara mendapatkan uang dari internet ini bisa memberikan inspirasi bagi anda. Sukses buat anda.

Jika anda suka atau merasa artikel ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, dan Google+) yang kami sediakan.

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan di kolom komentar. Hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya