PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

24 October 2016

3 Alasan Ini yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memutuskan Menjadi Blogger Profesional

Menjadi blogger itu adalah sebuah pilihan. Terlepas dari apapun pilihan anda, apakah ingin menjadi seorang blogger atau tidak, satu hal yang pasti, menjadi seorang blogger itu tidak mudah.

Tulisan ini sengaja saya buat karena sering saya jumpai di forum atau sosial media ada beberapa blogger yang berkeluh kesah tentang blognya yang tidak mengalami perkembangan.

Hal ini menarik saya untuk melihat lebih jauh alasan kenapa seseorang memilih menjadi seorang blogger.

Menjadi blogger itu tidak mudah seperti layaknya membalikkan tangan kemudian sukses. 

Seorang blogger dituntut untuk meluangkan waktu bahkan menyediakan biaya jika benar-benar ingin menjadi seorang blogger sukses yang sering kita dengar selama ini.

Jika anda tidak punya alasan dan tujuan yang jelas untuk menjadi seorang blogger, maka kemungkinan terbesarnya adalah anda hanya akan mendapatkan kekecewaan.  

Menjadi blogger harus mempunyai dasar alasan dan arah tujuan kemana blognya akan dibawa, sehingga langkah yang diambil menjadi lebih terarah tidak terombang-ambing mengikuti arus blogger lain yang belum tentu sama tujuannya dengan anda

menjadi blogger

3 Alasan ini yang paling banyak dipilih seseorang untuk menjadi blogger


Alasan anda menjadi seorang blogger adalah pondasi awal bagi anda membangun blog dan mau dibawa kemana blog anda.

Alasan selalu disertai dengan tujuan. Alasan anda membuat blog pasti nantinya diharapkan tercapai tujuan anda ngeblog.

Salah satu contohnya, kebanyakan blogger terutama pemula impian menjadi seorang blogger itu didasari beberapa informasi yang memuat keberhasilan blogger-blogger yang berpenghasilan jutaan per bulan.

Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi blogger bahwa alasan mereka menjadi seorang blogger bertujuan untuk mendapat penghasilan dari blognya.

Artikel “3 Alasan Sebaiknya Anda Menjadi Seorang Blogger” ini saya tulis untuk memberikan sudut pandang kepada anda setidaknya ada tiga macam alasan kenapa seseorang menjadi blogger.

Harapannya, semoga setelah membaca artikel ini anda mengetahui alasan sebenarnya kenapa anda menjadi seorang blogger sehingga ke depan blog anda akan lebih terfokus kepada tujuan yang ingin anda capai dengan blog anda tersebut.

1. Mendapat penghasilan


Alasan yang pertama ini terkesan pragmatis dan seperti yang saya utarakan di atas sudah umum bagi para blogger khususnya pemula. Intinya adalah menjadi blogger supaya mendapat uang.

Jadi, bagi anda yang dari awal menjadi blogger memiliki tujuan untuk menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan harus berusaha semaksimal mungkin bagaimana caranya agar blog tersebut bisa berpenghasilan.

Bagi anda yang alasannya menjadi blogger adalah untuk berpenghasilan, maka anda harus benar-benar melakukan optimasi untuk blog anda, seperti lewat optimasi SEO on-page maupun off-page, maupun membuat konten atau artikel yang berkualitas.

Satu lagi, jangan sampai anda membuat blog yang merugikan pihak lain misalnya melakukan copy paste blog lain.

Ada dua hal yang pokok agar blog anda berpenghasilan, sajikan konten yang berkualitas dan dapatkan pengunjung yang sebanyak-banyaknya.

2. Media untuk berbagi


Alasan ini sebenarnya adalah fungsi dasar suatu blog, yaitu media untuk berbagi. Contohnya banyak dijumpai dari para blogger senior yang membuat blog hanya sebagai media untuk menularkan ilmunya kepada yang lain.

Anda juga bisa berbagi tentang berbagai macam hal.

Berbagi tentang apa saja ? bermacam-macam, misalnya adalah berbagi informasi seputar dunia bisnis, informasi tentang lowongan pekerjaan, game, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang pasti tujuan utama membuat blog adalah agar orang lain juga bisa mengetahui informasi dan mendapat solusi dari informasi yang anda berikan tersebut.

Salah satu blogger yang menurut saya memiliki rasa berbagi yang tinggi adalah Mas Darmawan. Saya sangat suka dengan blognya Panduanim.com yang mengupas secara mendalam mengenai dunia blogging.

Blog milik Mas Darmawan ini menurut saya di samping bahasanya enak dan terstruktur juga yang paling saya senangi blognya tidak pernah dipasang iklan sama sekali, jadi lebih enak untuk dibaca.

Padahal jika diamati melalui search engine, maka bisa dilihat bahwa blog milik Mas Darmawan ini termasuk salah satu blog terbaik di Indonesia karena banyak artikelnya yang masuk page one di mesin pencari.

Andaikan blog Mas Darmawan ini dimiliki oleh blogger lain, saya rasa kemungkinan besar pasti akan dipasangi iklan yang banyak. Saya salut buat Mas Darmawan atas blognya.

Jika anda membuat blog dengan alasan hanya untuk berbagi informasi, maka anda bisa mengabaikan masalah SEO dan optimasi artikel maupun blog lainnya asalkan anda rajin mempublish konten ke media sosial, maka konten blog anda kemungkinan besar akan dibaca oleh banyak orang.

3. Untuk mengisi waktu luang


Untuk alasan yang ketiga ini sebenarnya kurang saya sarankan karena menjadikan anda tidak fokus pada blog anda. Tapi alasan ini sangat logis mengingat aktifitas utama kita memang bukan untuk ngeblog. Alasan ini tidak menekankan pada keuntungan pribadi semata.

Saya kira alasan tersebut tidak menjadi masalah. Daripada waktu yang ada terbuang percuma atau hanya untuk melakukan aktivitas yang tidak jelas manfaatnya, lebih baik menuangkan waktu sejenak anda tersebut untuk memberi manfaat kepada yang lain salah satunya ya melalui media blog.

Meskipun pada awalnya hanya untuk mengisi waktu luang saja, tapi setidaknya anda juga telah berbagi sesuatu kepada yang lain.

Apalagi jika anda kelola dengan serius bukan tidak mungkin blog anda akan menjadi sumber penghasilan.

Buat referensi anda : Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula (100% Gratis)

Ok, itulah tiga alasan utama mengapa anda sebaiknya menjadi seorang blogger. Oh ya, kalau saya ditanya tentang alasan utama kenapa saya menjadi seorang blogger.

Ya, ketiga alasan di atas yang menjadi alasannya.

Kalau anda ?

Apapun alasan anda menjadi blogger, semuanya harus dijalani dengan serius, penuh dedikasi dan kerja keras. Tidak ada blogger yang sukses secara instan.

Sekian artikel tentang alasan menjadi seorang blogger yang semoga bisa menjadi referensi anda untuk terjun ke dunia blogging.

Jika anda suka, luangkan sebagian kecil saja waktu anda untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, dan Google+) yang tersedia.

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan anda tentang isi artikel di kolom komentar. Hal tersebut, akan membantu saya tahu topik apa yang menarik bagi anda sehingga saya bisa membuat artikel sejenis lebih banyak lagi. Terimakasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya