PANDUANEKA

Aneka Panduan & Solusi Anda

25 October 2016

Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)

Cara membuat blog untuk pemula - Selamat datang....Panduan bagaimana cara membuat blog ini sebenarnya saya buat sebagai tutorial bagi anda yang ingin membuat blog sendiri secara praktis dan gratis. Mungkin alasan anda ingin memiliki blog karena pernah dengar atau membaca cerita orang-orang yang sukses dengan membuat blog. Ya, blog bisa menjadi salah satu sumber penghasilan anda apabila ditekuni dan dikelola dengan baik.

Sampai saat ini sudah tidak terhitung berapa jumlah blog yang ada di internet. Banyak orang yang berharap dengan menjadi blogger mereka akan memperoleh dollar mungkin termasuk anda dan juga saya…

Sebenarnya membuat blog itu mudah, tetapi bagaimana membuat blog kita mampu menghasilkan pundi-pundi dollar itu yang tidak mudah diperlukan niat, dedikasi dan kerja keras.

Sekilas tentang blog

Sebelum kita belajar bagaimana cara membuat blog bagi anda yang mungkin belum mengetahui apa sebenarnya blog itu sebaiknya kita mengenal secara singkat lebih dahulu apakah blog itu ?

Blog merupakan singkatan dari “Web log”, salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web.

Menurut situs Wikipedia, blog adalah sebuah apikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan, gambar, video pribadi secara online yang selalu diperbarui.

Blog merupakan sarana untuk mengekspresikan diri kepada dunia.

Sebuah tempat untuk berbagi pikiran dan gairah hidup anda.

Dengan blog kita bisa menulis apapun yang kita inginkan.

Pada awalnya tujuan blog dibuat adalah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun seiring perkembangan zaman kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi informasi, tutorial, curhat, toko online dan lain sebagainya.

Secara garis besar, blog tidak ada bedanya dengan website pada umumnya yang ada di internet.

Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Gratis (Panduan Lengkap)


Kenapa harus membuat blog?

Setiap orang pasti mempunyai tujuan yang berbeda mengapa mereka membuat blog. Tapi terkadang tujuan tersebut tidak bisa tercapai, tetapi kita tidak boleh putus asa, walaupun gagal tentu ada manfaat yang bisa dipetik dari proses membuat blog.

Berikut ini beberapa manfaat memiliki sebuah blog yang sudah saya rasakan sendiri

1. Menjadi lebih fokus
Dengan aktivitas blogging akan membantu anda untuk berpikir lebih fokus, terarah dan jelas, membantu anda untuk berkomunikasi dengan individu atau komunitas lain dan membangun bakat kreatifitas anda.

2. Meningkatkan kemampuan menulis
Blogging tentu tidak bisa lepas dari aktifitas menulis. Kemampuan menulis anda akan semakin terasah baik dilengkapi dengan latihan dan menulis secara kontinue.

3. Membuat ide kita terpublikasikan
Melalui blog anda bisa menyuarakan unek-unek, gagasan maupun aspirasi anda. Ya, melalui blog anda bisa menyuarakan gagasan anda kepada orang banyak.

4. Menjadi sumber penghasilan
Ya, ini adalah manfaat nyata yang hanya bisa diwujudkan dengan kerja keras dan ketekunan. Butuh waktu dan komitmen untuk membuat blog kita menjadi sumber penghasilan. Itu memang tidak mudah, tapi jika anda sungguh sungguh niscaya semua terwujud.

Itulah beberapa manfaat blog yang bisa anda dapatkan. Dengan beberapa manfaat tersebut tidak heran jika perkembangan blogger kini semakin pesat.

Langkah-langkah cara membuat blog yang benar

Sebelum blog kita terwujud, ada beberapa langkah yang sangat perlu dilakukan agar blog yang kita buat nantinya bisa optimal menjadi sumber penghasilan kita, Berikut langkah-langkah yang saya lakukan :
  • Memilih niche
  • Memilih nama domain
  • Memilih plaform
  • Instalasi blog
  • Membuat konten berkualitas
Itu 5 langkah yang sebaiknya anda lakukan untuk membuat sebuah blog yang berkualitas.
mari kita lakukan langkah demi langkah

1. Memilih niche

Ini adalah langkah paling awal yang harus anda lakukan. Jangan sampai anda salah dalam memilih niche yang ingin anda gunakan.

Kesalahan dalam memilih niche akan berpotensi membuat blog tidak berkembang.

Sering saya jumpai di forum-forum diskusi banyak sekali terutama para blogger pemula yang berhenti ngeblog karena kehilangan ide menulis konten maupun blog tidak dapat pengunjung yang memadai.

Setelah saya telaah, salah satu penyebab utama hal ini bisa terjadi adalah karena mereka salah dalam memilih niche. Jadi, sebelum anda melangkah lebih jauh sebaiknya anda tentukan kira-kira niche apa yang pas dengan anda.

Sebelum lanjut silahkan simak...Cara Memilih Niche Blog yang Tepat Untuk Blog dan Bisnis Online Anda

2. Memilih nama domain

Setelah anda menentukan niche yang pas untuk blog anda, langkah selanjutnya adalah memilih nama domain.

Nama domain sebenarnya bisa apa saja tergantung selera anda, tetapi juga jangan sembarangan.

Karena nama domain bisa berpengaruh besar pada perkembangan blog ke depan. Blog dengan konten yang menarik akan semakin terlihat menarik dan profesional jika mempunyai nama domain yang juga menarik. Usahakan untuk memilih nama domain yang sesuai dengan niche yang anda pilih.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca.... 15 Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Blog Baru

3. Memilih platform blog

Langkah ketiga yang perlu anda lakukan adalah memilih platform untuk instalasi blog anda.

Anda bisa menggunakan platform gratis seperti blogger, weebly, wordpress.com maupun.tumblr. Kalau anda punya budget untuk sewa hosting, anda bisa memilih wordpress.org.

Silahkan anda pilh yang mana sesuai kebutuhan anda. Sekedar saran dari saya, sebagai media belajar anda bisa menggunakan platform gratis terlebih dahulu seperti blogger.com

Mengapa harus membuat blog di blogger.com ?

Ya, pertanyaan itu sering muncul ketika seseorang ingin membuat blog pribadi. Kenapa harus membuat blog di blogger.com padahal ada beberapa platform lain sebagai penyedia layanan blog gratis, seperti WordPress.com, BlogDetik, Tumblr, Webbly dan lain lain.

Sebenarnya sederhana, karena dibanding yang lain blogger.com punya beberapa kelebihan, diantaranya :

Blogger.com itu milik Google
Platform blogger.com atau sering dikenal sebagai blogspot adalah kepunyaan Google. Kita semua tahu, sampai saat ini Google adalah search engine terbaik di seluruh dunia.

Maka, secara tidak langsung blogger.com itu istimewa, karena itu blog dengan platform blogger.com lebih mudah mendapatkan peringkat atas di mesin pencari walau itu juga harus ditunjang dengan konten blog yang menarik
.
Blogger.com itu mudah digunakan
Ya, blogger.com sangat user friendly atau mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk para pemula yang ingin belajar blog.

Inilah salah satu alasan mengapa saya menyarankan untuk membuat blog di blogger.com, karena selain gratis, juga mudah untuk digunakan, walaupun anda adalah seorang pemula.

Blogger.com itu SEO Friendly
Kalau anda belum mengetahui apa SEO friendly, pengertian simpelnya dari SEO friendly adalah blog yang ramah dengan mesin pencari atau bisa dibilang sahabat mesin pencari.

Blogger.com itu mudah sekali dioptimasi, anda tidak memerlukan tools atau plugin tambahan untuk membuat dan memodifikasi blog, anda hanya perlu memahami sedikit teknik coding HTML yang bisa dipelajari di internet.

Jika anda tidak paham dan tidak mau riber dengan masalah coding HTML, anda tinggal pilih template yang SEO friendly gratis di internet tanpa anda harus dipusingkan dengan peng-codingan HTML.

Blogger.com bisa didaftarkan Google Adsense
Ya jika anda berniat untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan melalui Google Adsense tetapi belum mempunyai modal untuk menyewa hosting dan domain sendiri, maka solusinya adalah blogger.com.

Seperti yang saya utarakan di atas, karena blogger.com adalah milik Google maka otomatis blog dengan platform tersebut bisa didaftarkan di Google Adsense. Hal ini berbeda dengan WordPress.com yang tidak memperbolehkan blog dengan platform tersebut memasang iklan.

Ya, walaupun sebuah blog untuk diterima sebagai publisher Adsense bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan pengetahuan dan kesabaran hal itu bukan sesuatu yang mustahil.

Walaupun tentu saja ada kelemahan pada platform blogger.com, tapi secara peringkat platform blogger adalah pilihan nomer satu sebagai platform gratis yang tidak boleh anda lewatkan. Jadi, anda jangan ragu untuk membuat blog di blogger.com

Masih bimbang...baca dulu Blogger atau WordPress ? Mana yang Lebih Bagus, Ini Jawabannya

4. Instalasi blog

Untuk pemula yang sedang belajar blog dan ingin membuat blog sendiri alangkah baiknya jika kita memanfaatkan platform gratis.

Kita bisa menggunakan salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah blogger.com atau blogspot.com, dimana kita mendaftar untuk mulai membuat blog melalui situs blogger.com dan nanti nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contohnya: namablog.blogspot.com

Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk membuat blog di blogger.com, namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki blogger.com daripada platform blog yang lain khususnya untuk pemula.

Seperti yang sedikit saya utarakan di atas, diantara kelebihan platform blogger dibanding yang lain yaitu pengoperasian yang mudah sehingga cocok untuk pemula yang sedang belajar membuat blog sendiri, lebih leluasa dalam mengganti dan mengedit template sehingga tampilan blog akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri.

Selain itu anda juga dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan namablog.blogspot.com diubah menjadi namablog.com dengan tetap menggunakan hosting blogger.com yang gratis.

Perlu saya tekankan sebelumnya bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com saat ini

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat blog di blogger.com :

Membuat email
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memiliki alamat email yang masih aktif. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di Gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email di Gmail.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara membuat email di Gmail, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka situs gmail.com

panduan lengkap cara membuat blog untuk pemula (100% gratis)

2. Isi semua form yang ada
Khusus untuk form alamat email bisa dikosongkan karena kita baru pertama kali membuat email
4. Setelah selesai mengisi form yang silahkan klik Langkah Selanjutnya
5. Setelah anda menerima kode verifikasi via SMS dan masukkan kode tersebut di kotak yang tersedia maka email anda sudah bisa digunakan.

Membuat blog di blogger.com
1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar anda lebih mudah memahami.

panduan lengkap cara membuat blog untuk pemula (100% gratis)

3. Silahkan klik Create Your Blog dengan menggunakan username serta password gmail anda (akun email anda bisa untuk login ke blogger).
4. Isilah formulir yang ada :
  • Nama Tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog anda.
  • Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin anda, misal : pria.
  • Penerimaan Persyaratan : Beri tanda cheklist sebagai tanda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger.
Sebaiknya anda membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar anda mengetahui dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.

5. Kemudian klik tanda panah yang bertuliskan “Lanjutkan”.
Lalu klik tombol “Blog Baru”.

6. Isilah formulir :
  • Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, misalnya : masmilano
  • Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan.
Ingat ! apabila anda ingin serius dalam menggeluti dunia blogging, sebaiknya pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan dan jangan sering gonta-ganti nama blog.

panduan lengkap cara membuat blog untuk pemula (100% gratis)

  • Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai sesuai selera (dapat diganti dengan template hasil download sendiri).
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.
7. Selamat, sampai tahap ini berarti anda sudah mempunyai blog baru.

5. Mulai membuat artikel

Sebagai langkah terakhir dan untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda langsung posting artikel sederhana saja.

panduan lengkap cara membuat blog untuk pemula (100% gratis)

1. Silahkan klik tulisan “Mulai nge-blog!
2. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”.
3. Silahkan lihat blog anda dengan klik tombol “Lihat blog

panduan lengkap cara membuat blog untuk pemula (100% gratis)

4. Selesai.
Kini blog anda sudah selesai dibuat dan dapat dibuka di berbagai belahan dunia.

Sebagai akhir dari panduan cara membuat blog ini, perlu saya ingatkan, blog adalah konten. Sumber utama kehidupan sebuah blog terbangun dari konten yang disajikan.

Berikan pengunjung anda artikel yang berkualitas, bermanfaat buat pengunjung blog anda. Untuk memberi panduan kepada Anda bagaimana membuat konten yang menarik dan berkualitas, silahkan anda baca panduan bagaimana membuat konten berkualitas dan SEO friendly yang telah saya buat.

Demikian uraian dan panduan tentang cara membuat blog untuk pemula di blogspot yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda. Beritahukan kepada teman-teman bahwa Anda sekarang telah mempunyai blog sendiri.

Jika anda suka atau merasa artikel cara membuat blog ini bermanfaat, silahkan SHARE melalui tombol Social Media (Facebook, Twitter, dan Google+ ) yang kami sediakan.

Anda juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan anda seputar cara membuat blog ini di bagian kolom komentar dan akan kami respon secepatnya. Terimakasih

No comments:

Post a Comment

- Silahkan berkomentar sesuai topik.
- Mohon centang pada Notive me agar tahu balasan dari kami.
- Sebelum bertanya, silahkan Anda cari terlebih dahulu di kotak pencarian (Search)
- Untuk setiap komentar saya akan lakukan kunjungan balik ke situs Anda dengan atau tanpa komentar
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya